LETAK GEOGRAFI DESA MEKARSARI

 

Dilihat dari topografi ketinggian wilayah Desa Mekarsari berada pada 91 m ketinggian dari permukaan air laut dengan keadaan curah hujan rata-rata 1982 mm/thn serta suhu rata-rata per tahun adalah 300 C dengan kelembaban udara rata­-rata 70% per tahun.

Secara administrasi Desa Mekarsari terletak di wilayah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Wilayah Desa Mekarsari secara administratif dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Disebelah utara berbatasan dengan Desa Sindangsari, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kertaharja. Di sisi barat berbatasan dengan S. Cimedang (Kab. Tasikmalaya) sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Desa Sukajaya/S.Cibening

Luas wilayah Desa Mekarsari sebesar 2.010,5 Ha. luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikeIompokan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan ekonomi dan lain-lain. Luas wilayah yang digunakan untuk permukiman 297 Ha, luas persawahan 157 Ha, perkebunan 1.391,25 Ha, luas kuburan 4,5 Ha, luas pekarangan 280 Ha, luas perkantoran 0,5 Ha, luas prasarana umum lainnya 44,5 Ha..

Sedangkan untuk aktifitas pertanian dan penunjangnya terdiri dari: Lahan sawah seluas 110 Ha dengan posisi seluruhnya tadah hujan, Tegal/ladang seluas 1.040 Ha,

Sementara itu peruntukan lahan untuk aktivitas ekonomi terdiri dari lahan untuk Pasar Desa 0,5 Ha; lahan untuk industri tidak ada; lahan untuk Pertokoan tidak ada.

Selebihnya untuk Tanah Kas Desa 3.435 m2; lahan perkantoran 0,5 Ha dan lapang olahraga 4,75Ha.

 

Wilayah Desa Mekarsari terdiri dari 5 Dusun dengan komposisi struktur pemerintahannya terdiri atas :

  1. Wilayah Dusun Citelu

Terdiri atas 8 RukunTetangga (RT), 2 Rukun Warga (RW)

  1. WiIayah Dusun Purwosari

Terdiri atas 4 Rukun Tetangga (RT), 1 Rukun Warga (RW)

  1. Wilayah Dusun Rantobatang

Terdiri atas 4 Rukun Tetangga (RT), 1 Rukun Warga (RW)

  1. Wilayah Dusun Sukasari

Terdiri atas 7 Rukun Tetangga (RT), 2 Rukun Warga (RW)

  1. Wilayah Dusun Purnajaya

Terdiri atas 4 Rukun Tetangga (RT), 1 Ruku Warga (RW)